Jumat, 13 November 2015

dampak kelebihan garam


Dampak Keracunan Yodium


Dampak Keracunan Yodium >> Yodium berperan penting bagi kesehatan terutama pada kelenjar thyroid atau kelenjar gondok. Konsumsi berlebih atau kekuarangan yodium dapat menimbulkan penyakit kelenjar thyroid atau penyakit gondok. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang dampak keracunan yodium akiba terlalu banyak mengkonsumsi kadar yodium.
Dampak Keracunan Yodium 
Ada beberapa gejala terjadinya keracunan akut yodium akibat asupan berlebih dari yodium. Gejala-gejala tersebut meliputi rasa nyeri di rongga mulut, rasa mual dan muntah-muntah. Kondisi ini mustahil terjadi akibat pola konsumsi normal kecuali adanya gangguan medis serius lain yang menyebabkan berlebihan kadar yodium (misal : gagal ginjal).
Seperti disebutkan sebelumnya, yodium yang berlebihan juga memperlambat kerja kelenjar tiroid dimana kondisi ini juga tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, pengobatan dengan basis yodium harus selalu dibawah pengawasan ahli medis karena dikhawatirkan interaksi yodium dengan kimia lain yang mungkin dikandung oleh jenis pengobatan tertentu. Untuk menetralisir kadar yodium untuk mengatasi penyakit gondok baik karena kekurangan yodium atau karena berlebihan konsumsi yodium, Anda bisa mengkonsumsi obat gondok tradisional ace maxs yang bisa anda lihat pembahasannya di halaman depan website.
Yodium yang digunakan langsung pada kulit juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yang kurang menyenangkan. Iritasi, bekas berpola pada kulit, reaksi alergi, kemerahan dan sebagainya menjadi beberapa gejala efek samping yang mungkin terjadi. Berhati-hatilah untuk tidak mengikat perban terlalu kencang atau menutupi rapat luka yang sudah ditetesi yodium untuk menghindari efek terbakar yodium.
Yodium merupakan unsur alam yang banyak terkandung dalam air laut serta biota laut. Berbagai jenis makanan laut menjadi sumber yodium terbaik bagi manusia, mulai dari rumput laut, kerang, udang, ikan dan juga berbagai jenis olahan seafood lainnya. Dengan pengenalan yodium dalam kaitannya dengan nutrisi bagi tubuh manusia, kita bisa memaksimalkan manfaat yodium demi menjaga kesehatan kita.
Kekurangan yodium ataupun kelebihan yodium sampai taraf keracunan sangat tidak dianjurkan. Berbagai kerugian bisa disebabkan keduanya, dimana efek terbesar adalah pada kelenjar tiroid manusia dan tingkat perkembangan fisik dan mental pada anak-anak. Karena pentingnya mencegah terjadinya kerugian-kerugian tersebut secara luas, banyak pemerintahan mewajibkan penggunaan yodium dalam berbagai jenis makanan manusia. Garam beryodium adalah salah satu contoh paling mudah langkah pemerintah berbagai negara mencegah terjadinya defisiensi yodium dalam masyarakatnya.

sumber :  http://obatgondok.urls8.com/tag/gangguan-kesehatan-akibat-kelebihan-yodium/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar